Kamis, 10 April 2014

mind mapping




Apa itu Mind Map ?

Mind Map diartikan sebagai suatu cara untuk mengorganisasikan dan menyajikan konsep, ide, tugas atau informasi lainnya dalam bentuk diagram radial-hierarkis non-linier. Mind Map pada umumnya menyajikan informasi yang terhubung dengan topik sentral, dalam bentuk kata kunci, gambar (simbol), dan warna sehingga suatu informasi dapat dipelajari dan diingat secara cepat dan efisien.
Mind Map digagas dan dikembangkan oleh Tony Buzan, seorang psikolog Inggris. Mind Map (Peta Pikiran) merupakan salah satu metode terbaik untuk mengoptimalkan kemampuan belajar dan memahami hubungan antar setiap elemen di dalam struktur yang kompleks.
Pada dasarnya metode mind mapping ini berasal dari hasil penelitian tentang bagaimana caranya otak memperoleh informasi.Semua para ilmuwan menduga bahwa otak menyimpan informasi secara liniear seperti mencatat tradisional.Tapi sekarang para ilmuan sudah mengetahui bahwa otak mengambil informasi secara bercampuran antara gambar , bunyi , dan perasaan.
Mind mapping adalah suatu cara mencatat yang kreatif , efektif , dan memetakan pikiran pikiran kita secara menarik , mudah , dan berdaya guna. Mind mapping juga bisa diartikan sebagai cara mengembangkan pola pikir seseorang kesegala arah dan menangkap berbagai pikiran dalam berbagai sudut.
Selain itu metode mind mapping juga merupakan metode yang paling baik dalam membantu proses berfikir teratur karena menggunakan teknik grafis (gambar) yang berasal dari pemikiran manusia yang bermanfaat untuk menyediakan kunci kunci universal sehingga dapat membuka pintu otak.
Banyak jalan menuju hidup sehat, itulah pembuka dari artikel ini. Perlu diketahui bahwa hidup sehat adalah dambaan dari semua manusia.Ada beberapa literatur menyebutkan bahwa panjang umur manusia bisa mencapai 120 tahun. Namun kenapa ada orang yang meninggal di usia yang masih muda (terlepas dari takdir) dikarenakan sakit. Inilah salah salah satu faktor yang konon mengurangi umur manusia. Jika manusia sadar bahwa kesehatan bisa dijaga, maka hidup ini akan indah dan penuh berkah. Bisa anda bayangkan betapa hidup ini indah jika anda mendapat keberkahan kesehatan dalam hidup anda.

Kita tidak akan peduli (biasanya) jika kita belum pernah menderita sakit, maka biasanya kita akan mulai sadar jika kita setelah dapat cobaan sakit. Lihat saja orang yang giginya abcess karena lobang, boro-boro makan minum enak. Untuk memulai aktifitas lain saja sudah kerepotan dan tidak ada enak-enaknya. Lebih kesal lagi jika lagi sakit gigi seperti ini kondisi rumah lagi ramai dan berisik sekali, rasanya pengin menumpahkan segala kemarahannya ke siapa saja yang ditemuinya.

Ini hanya satu contoh bagaimana hidup sehat ini merupakan sesuatu yang indah lagi berkah. YA berkah karena bagaimana kita akan menjalani segala keindahan dari Allah swt ini, tanpa beban dari suatu penyakit yang lagi kita deritanya.  Kita juga dapat menjalankan ibadah dengan lebih khusuk karena kita sehat. Satu lagi mengenai sehat, yaitu di mana sehat itu merupakan suatu pilihan hidup. Kenapa hal ini dikatakan demikian? ya karena memang sehat suatu pilihan bagi tiap individu yang menjalaninya.

Jika kita menginginkan sehat, maka ada seperangkat aturan yag perlu ditaati oleh masing-masing individu dalam menggapai kehidupan yang diarahkan kepada hidup sehat. Misalkan anda mengambil suatu pilihan sehat, maka sudah sepatasnya pikiran kita harus dibangun suatu magnet positif untuk menarik tujuan dari sehat itu sendiri.

Lalu bagaimana kita memberdayakan kehidupan kita ini untuk hidup lebih sehat? Ada beberapa metoda yang penulis pakai membuka tabir untuk menuju hidup sehat, yaitu dengan memberdayakan kekuatan pikiran dengan metoda LOA, NLP dan Hypnosis.

Sebelum memasuki masing metoda ini, sebagai introduksi bahwa ketiga metoda tersebut mempunyai benang merah yang sama, tergantung setting outcome (hasil yang mau kita raih). Ketiga metoda ini bekerja di layer unconsious mind (alam bawah sadar), dimana alam bahwa sadar ini, memegang prosentase 88 % an dalam aktifitas kita sehari-hari, selebihnya consious mind (alam sadar 12 %)
Mengingat alam bawah sadar ini memegang peranan yang sangat dominan pada kegiatan manusia, untuk itulah alasan penulis menggunakan ketiga metoda ini. Paling tidak ketiga metoda ini sekarang merupakan metoda yang paling populer dikembangkan untuk berbagai macam kebutuhan, seperti bisnis, pendidikan, karir, pelatihan, kesehatan dan lain-lain. Penulis melihat masih sangat minimnya artikel yang secara integrated mengupas rahasia pikiran ini ke dalam ranah  kesehatan dengan ketiga metoda ini dikarenakan terbatasnya literatur mengenai ketiga metoda ini khususnya masalah kesehatan.

Manusia dikaruniai akal budi dan pikiran oleh Allah swt dapat dimaksimalkan dan diexplorasi untuk keperluan kesehatan yaitu dengan memberdayakan kekuatan pikiran. LOA atau singkatan dari Law of Attraction, adalah suatu metoda mengenai hukum ketertarikan. Intinya cara berpikir kita yang positif akan mendatangkan efek yang positif juga. Seperti yang kita ketahui bahwa di alam raya ini banyak sekali energi yang tersebar, baik yang positif maupun yang negatif. Sekarang kita tinggal bagaimana mengakses energi positif ini dapat didekatkan ke dalam diri kita dan kita ambil manfaatnya dengan memberdayakan pikiran kita. Inilah keajaiban LOA dalam mencapai tujuan kita yaitu mendekatkan energi positif ini.

NLP yang ditemukan oleh Bandler dan Grinder, di mana dua-duanya bukan ahli psikologi, tapi yang satu ahli komputer dan yang satu ahli bahasa. Terinspirasi oleh kesuksesan ahli psikologi seperti Milton Erickson, Fritz Perls dan Virginia Satir, mereka meneliti perilaku dan kesuksesan ahli psikologi tersebut. Keduanya berkolaborasi dengan menemukan bagaimana cara kerja otak, sehingga dapat mencapai kondisi tertentu untuk digunakan mencapai kesuksesan melalui memasukkan syntax bahasa ke dalam bahasa yang dimengerti pikiran (bawah sadar) agar dicapai outcome tertentu. Jika dibagi bahwa gelombang otak, yaitu beta, alfa, teta dan delta, di mana beta (sadar), alfa & teta (relax) dan delta (tidur), maka NLP (juga Hypnosis) bekerja dalam ranah alfa dan teta ini, yang mama sangat efektif dalam membentuk sikap mental tertentu. Ada beberapa tuntunan teknis bagaimana NLP untuk kesehatan ini tapi terlebih dahulu, pembaca harus memahami konsep inti dari NLP ini.

Dalam artikel ini kita tidak akan membahas metoda ini satu-satu secara detail tapi kita akan mengambil esensi dari ajaran ini untuk kita berdayakan dan kita aplikasikan kedalam kehidupan kita untuk men-setting kehidupan kesehatan kita.
Secara ringkas kita akan membagi beberapa tahap untuk mencapai outcome dari kehidupan kesehatan kita ini :
Pertama
Kenali Hasrat Kita
Untuk menuntun bagian pertama ini, kita harus bertanya pada diri kita sendiri mengenai kesehatan yang bagaimana yang benar-benar kita inginkan. Sesudah itu kita merumuskan apa-apa yang membuat kita senang dan jadikan itu menjadi kebiasaan.Sesudah itu buatlah lembar hasrat dan tulis mana yang benar-benar kita paling tidak sukai dan paling kita sukai, misal
Hal-hal yang paling tdk disukai 
batuk rejan                
pegal- pegal                 
mata kabur          
impoten           
tidak mudah lelah                                                                                        
Hal-hal yang paling kita sukai 
nafas lega 
otot terasa relaks
pandangan jelas 
sehat secara seksual
badan fit dalam segala medan 
Kedua
Memberikan Perhatian Kepada Hasrat Kita
Cara yang paling praktis untuk memberikan perhatian kepada hasrat kita tadi yaitu dengan penegasan yang diungkapkan dalam kata-kata (lisan) yang memberikan efek perasaan yang positif, kemudian kita affirmasi (diulang-ulang). Step kedua ini alangkah baiknya jika kita lakukan dalam kondisi alfa dan teta, dengan teknik seperti self hypnosis, dengan maksud affirmasi ini akan masuk dalam alam bawah sadar, yang mana nantinya akan mempengaruhi perilaku kita dalam mencapai kehidupan kesehatan kita yang lebih baik. Berikut, contoh step kedua ini:
Saya sekarang sedang dalam proses menuju kesehatan yang sempurna...
Saya sekarang sedang dalam proses menuju kesehatan seksual yang sempurna
Saya sekarang sedang dalam proses menuju kesehatan jantung yang prima..
dll
Dalam level ini, percayalah bahwa alam bawah sadar akan merespon dengan merasakan efek positif dari ucapan-ucapan dan pikiran kita
Ketiga
Biarkan Hasrat Kita Menjadi Kenyataan
Pada step atau level ini, cara yang paling ampuh untuk mewujudkan hasrat kita yaitu dengan menghilangkan keraguan.
Untuk itu yakin dan lakukan! Ada dua cara untuk mengetahui apakah level ketiga ini sukses, yaitu pertama jika kita sudah merasa lega dan "Ah, ini jauh lebih baik". Kedua Jika kita sudah melihat bukti-bukti terwujudnya keinginan dan hasrat kita dalam kehidupan kita. Misalkan kita sudah merasakan lebih nikmatnya hubungan seksual kita dengan pasangan, atau mungkin merasakan bahwa jantung sudah tidak takikardia lagi, atau mungkin nafas kita makin lega.

Ketiga langkah tersebut kelihatannya sederhana, dan mungkin para pembaca akan mempertanyakan ke efektifitasan dari metoda ini. Tapi menurut penulis, langkah ini sudah dilakukan terhadap para pasien yang ditangani oleh penulis, dan hasilnya luar biasa sekali.
Selain ketiga langkah tersebut ada beberapa istilah dari NLP yang mungkin bisa ditambahkan untuk memberdayakan pikiran untuk menghasilkan outcome kesehatan yang kita idamkan. Istilah itu yaitu : presupposision, the map is not teritory dan reframing. Untuk itu mari kita liat apa sih makna dari istilah-istilah tersebut?

Presuppossition, artinya dugaan atau anggapan. Jadi definisi singkatnya seperti ini...setiap orang punya realitas internal yang beda antara satu orang dengan orang lainnya, hal ini dikarenakan pengalaman, pendidikan, value , belief dan lain-lainnya. Artinya setiap orang punya definisi dan sumber yang berbeda-beda untuk mencapai suksesnya, termasuk sukses dalam mewujudkan kehidupan kesehatannya. Definisi Sehat seorang bisa berbeda dengan orang lainnya. Artinya presuppossition masing-masing individu bisa berbeda apalagi setiap individu punya logical thinking yang berbeda. Namun presuppossition ini paling tidak akan menuntun setiap individu untuk men-setting realitas internalnya dalam menghasilkan outcome sehat yang indah. Untuk itulah dengan presupposition ini akan punya pilihan tentang bagaimana cara kita merespon dan berperilaku yang terkait dengan "peta " kita. Ingat peta hanya peta kita bukan representasi dari realitas itu sendiri. Semakin kita cerdik dan lihay dalam mendisain peta kita untuk keperluan kita, maka akan semakin mudah outcome (hasil) yang kita dapat.

Reframing, artinya mengubah statement dengan tujuan megubah state atau kondisi yang lebih baik. Kadang dalam dunia medis reframming ini sangat baik jika di kombinasikan dengan efek placebo. Hal ini banyak kita lihat dalam praktek dokter yang selain menguasai psikologis pasien juga banyak memberikan obat yang sebenarnya vitamin biasa tapi berhubung pasien sudah sangat sugesti terhadap dokternya maka vitamin saja bisa menjadi obat yang luar biasa bagi kesembuhan dirinya. Sekarang yang menjadi masalah bisakah contoh kombinasi efek placebo dan reframming kita manfaatkan sebagai tool untuk mendorong pikiran kita menuju kesehatan yang sempurna?

Demikian sekelumit self empowerment yang disajikan dibidang medis, ditulis dengan bahasa yang sangat ringkas dan sederhana, dengan tujuan agar tulisan ini dapat menginspirasi pembaca dalam merancang hidup sehatnya.
Apa fungsi dari Mind Map?
Ketika kita mau membuat rangkuman secara lebih cepat dan efektif, dan dengan hasil yang baik, kita dapat menggunakan Mind Map untuk membuatnya. Berikut ini ada beberapa contoh di mana kita perlu membuat Mind Map :

         Ketika kita ingin mempercepat proses belajar
Kita dapat menghemat waktu belajar kita hingga 70 % menggunakan Mind Map, tanpa mengurangi isi dari suatu informasi.

         Ketika mengembangkan ide-ide baru
Mind Map dapat membantu kita untuk mengembangkan suatu ide secara cepat. 

         Ketika bekerja sama dengan orang lain
Ketika kita ingin mempresentasikan konsep baru kita kepada perusahaan, kita dapat menggunakan Mind Map untuk mengilustrasikan suatu ide yang kompleks sekalipun kepada rekan kerja kita.

         Ketika kita akan memahami sistem yang rumit
Kadang kita kesulitan untuk memahami ikhtisar dari informasi yang begitu banyak.  Tetapi dengan Mind Map, kita dapat memahaminya secara terstruktur, tanpa terpecah oleh bagian-bagian penting dari setiap sub babnya.

Manfaat yang kita peroleh setelah membuat Mind Map :

Meningkatkan kemampuan belajar secara dramatis
Mampu melihat keterkaitan antara mata pelajaran yang berbeda secara cepat
Mengembangkan teknik pemikiran yang efektif
Memperbanyak ide
Memperoleh garis besar dari suatu pekerjaan secara cepat
Meningkatkan kemampuan untuk menghafal dan mengingat
Meningkatkan kreativitas
Mengoptimalkan dan menyederhanakan pekerjaan, dll.
Meningkatkan kinerja otak.
Meningkatkan kapasitas pemahaman.
Mengoptimalkan dan menyederhanakan pemikiran pada suatu bahasan.
Mempecepat proses pembelajaran.
Kekuatan Asosiasi

Pencarian asosiasi di antara ide atau informasi akan membantu otak membuat kaitan di antara ide-ide tersebut dan mendorongnya berpikir secara sinergis. Dalam sebuah sistem sinergis, 1+1 akan lebih dari 2, dengan kata lain, jika Anda bisa mengaitkan sesuatu yang ingin Anda pelajari dengan sesuatu yang sudah Anda ketahui, Anda bukan saja akan lebih mudah mengingat ide baru tersebut, tetapi Anda juga akan meluaskan pemahaman baru. Misalnya, katakanlah Anda sedang mempelajari planet-planet di alam semesta untuk pertama kalinya. Anda diberi informasi seperti berikut:

1.       Ada sembilan planet dalam tata surya kita.

2.       Susunannya yang benar dari Matahari adalah: Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, Pluto.

3.       Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars adalah planet kecil; Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus adalah planet besar; dan Pluto adalah planet kecil.

4.       Semakin besar planet, semakin kuat daya tarik gravitasinya.

5.       Semakin dekat ke Matahari, semakin banyak cahaya dan panas yang mencapainya.

Setelah mempelajari kelima informasi ini, suatu saat Anda mendengar percakapan di antara dua orang dalam bis. Mereka memperkirakan kehidupan di Neptunus. Karena otak Anda berpikir secara sinergis, Anda merasa bisa menyumbang ke perbincangan ini secara pintar: untuk mempertahankan kehidupan, planet harus menyediakan cahaya, kehangatan, oksigen, dan daya tarik gravitasi yang cukup. Anda tahu Neptunus jauh dari matahari, artinya akan sedikit cahaya dan kehangatan. Anda juga tahu Neptunus adalah planet besar, jadi daya gravitasinya akan sangat besar-jauh lebih besar daripada yang sanggup dihadapi bentuk kehidupan. Dari semua ini Anda menyimpulkan meskipun Anda tidak tahu apakah Neptunus menyediakan oksigen, kemungkinan besar tidak ada kehidupan di Neptunus.

Peta pikiran membantu otak membuat asosiasi dan lompatan-lompatan besar dalam pemahaman. Mereka menggandakan kegiatan inti otak untuk membuat kaitan-kaitan.

Membantu Otak Membuat Asosiasi

Ketika Anda mengingat sesuatu, bantulah otak membuat asosiasi dengan mencari atau menggunakan:

    * Pola. Selalu cari pola-pola dalam informasi yang ingin Anda ingat. Misalnya, jika Anda pergi ke pasar dan perlu mengingat barang yang harus Anda beli, susunlah bahan makanan Anda ke dalam kelompok (buah, sayur, daging, dan sebagainya). Pola-pola lain yang bisa Anda cari termasuk urutan ukuran, urutan peristiwa, dan kelompok warna. Cara Anda membuat peta pikiran otomatis akan membantu Anda mengenali pola-pola dalam informasi.
    * Nomor. Pengaturan informasi dalam urutan nomor bisa sangat membantu Anda mengingat daftar kata.
    * Simbol. Penggunaan simbol dan gambar adalah cara yang istimewa untuk menciptakan pemicu bagi ingatan Anda. Misalnya, setiap kali Anda memunculkan sebuah ide yang bagus, Anda bisa menggambar bola lampu di sisinya.
    * Peta pikiran. Seni menggambar peta pikiran mendorong otak untuk membuat asosiasi: setiap cabang mengaitkan satu pikiran lainnya. Peta pikiran juga merupakan cara yang cerdik untuk mengatur informasi ke dalam kelompok pada sebuah halaman dan menggunakan gambar-gambar sebagai simbol-simbol pemicu.
Cara Membuat Mind Mapping
Picture 







Berawal dari harapan orang tua pada anak-anak nya untuk selalu mendapat hasil belajar di sekolah yang terbagus, tidak dapat dipungkiri bahwa SKS (Sistem Kebut Semalam) sering digunakan mereka demi tercapainya harapan orang tua nya. Terlepas dari harapan orang tua yang memaksa mereka untuk selalu mendapat nilai tertinggi di sekolah sesungguhnya metode SKS tersebut tidak efektif. Lantas seperti apa belajar efektif ?

ngingat materi pelajaran pada saat akan menghadapi ujian dan setelah selesai menjalani ujian siswa akan lupa dengan semua materi yang pernah dipelajari.

Menurut penelitian Dr. Doug Rohrer, pemimpin riset dari University of South Florida dan koleganya, Dr. Harold Pashler dari University of California, San Diego, AS, meninjau beberapa studi tentang pengaruh pengaturan waktu terhadap kemampuan mempertahankan informasi baru. Dikatakan, orang-orang yang belajar satu topik secara berlebihan, misalnya mengulang satu materi secara terus-menerus setelah menguasai materi tersebut dengan baik, memang berhasil mendapat skor lebih baik ketika diuji seminggu kemudian. Tapi jika diuji 4 minggu kemudian, skor mereka tidak lebih baik dibanding orang-orang yang segera beralih ke topik lain setelah menguasai materi tersebut. Intinya belajar secara berlebihan, menurut Dr. Rohrer, tidak memberikan keuntungan yang berarti.

Eductory akan berbagi info pada para orang tua mengenai metode mind mapping yang memungkinkan untuk membantu anak belajar yang efektif. Mind Mapping atau Peta Pikiran adalah metode mempelajari konsep yang ditemukan oleh Tony Buzan. Konsep ini didasarkan pada cara kerja otak kita menyimpan informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa otak kita tidak menyimpan informasi dalam kotak-kotak sel saraf yang terjejer rapi melainkan dikumpulkan pada sel-sel saraf yang berbercabang-cabang yang apabila dilihat sekilas akan tampak seperti cabang-cabang pohon.ari fakta tersebut maka disimpulkan apabila kita juga menyimpan informasi seperti cara kerja otak, maka akan semakin baik informasi tersimpan dalam otak dan hasil akhirnya tentu saja proses belajar kita akan semakin mudah.

Berikut hal-hal yang diperhatikan pada metode Mind Mapping

1. Pastikan tema utama terletak ditengah-tengah
Contohnya, apabila kita sedang mempelajari pelajaran perkembangan hidup makhluk hidup baik manusia, tumbuhan dan hewan, maka tema utamanya adalah Siklus Kehidupan.

   
2. Dari tema utama, akan muncul tema-tema turunan yang masih berkaitan dengan tema utama.
Dari tema utama “Siklus Kehidupan”, maka tema-tema turunan dapat terdiri dari : Manusia, Ayam, Katak, Burung ,dll.

   
3. Cari hubungan antara setiap tema dan tandai dengan garis, warna atau simbol
Dari setiap tema turunan tertama akan muncul lagi tema turunan kedua, ketiga dan seterusnya. Maka langkah berikutnya adalah mencari hubungan yang ada antara setiap tema turunan. Gunakan garis, warna, panah atau cabang dan bentuk-bentuk simbol lain untuk menggambarkan hubungan diantara tema-tema turunan tersebut..
Pola-pola hubungan ini akan membantu kita memahami topik yang sedang kita baca. Selain itu Peta Pikiran yang telah dimodifikasi dengan simbol dan lambang yang sesuai dengan selera kita, akan jauh lebih bermakna dan menarik dibandingkan Peta Pikiran yang “miskin warna”.

   
4. Gunakan huruf besar
Huruf besar akan mendorong kita untuk hanya menuliskan poin-poin penting saja di Peta Pikiran. Selain itu, membaca suatu kalimat dalam gambar akan jauh lebih mudah apabila dalam huruf besar dibandingkan huruf kecil. Penggunaan huruf kecil bisa diterapkan pada poin-poin yang sifatnya menjelaskan poin kunci.

   
5. Buat peta pikiran di kertas polos dan hilangkan proses edit
Ide dari Peta Pikiran adalah agar kita berpikir kreatif. Karenanya gunakan kertas polos dan jangan mudah tergoda untuk memodifikasi Peta Pikiran pada tahap-tahap awal. Karena apabila kita terlalu dini melakukan modifikasi pada Peta Pikiran, maka sering kali fokus kita akan berubah sehingga menghambat penyerapan pemahaman tema yang sedang kita pelajari.

   
6. Sisakan ruangan untuk penambahan tema
Peta Pikiran yang bermanfaat biasanya adalah yang telah dilakukan penambahan tema dan modifikasi berulang kali selama beberapa waktu. Setelah menggambar Peta Pikiran versi pertama, biasanya kita akan menambahkan informasi, menulis pertanyaan atau menandai poin-poin penting. Karenanya selalu sisakan ruang di kertas Peta Pikiran untuk penambahan tema


DAFTAR PUSTAKA
Buzan, Tony. (1998). SUPER-CREATIVITY. New York: St. Martin's Press.
Ingemann, Marcus. The Power of Mind Mapping!. FortuneWell.com
http://www.ajihoesodo.com/index.php?option=com_content&view=article&id=46:menguak-rahasia-kekuatan-pikiran-untuk-hidup-sehat&catid=1:kesehatan&Itemid=5


Tidak ada komentar:

Posting Komentar